Minggu, 20 Desember 2015

Proses Pembuatan Sertifikat Tanah dari Kartu Kavling Merah ke Sertifikat Hak Milik - Tahap 1 & 2

       Perihal yang satu ini prosesnya memang merepotkan.  Berdasarkan pengalaman pribadi, saya akan membagikan ilmu yang saya dapat dari proses yang saya jalani. Ada beberapa tahapan proses yang harus anda jalani hingga anda mendapatkan Sertifikat Hak Milik, yaitu:

1.   Pengecekan Kartu Kaveling/Perpetakan (proses + 28 hari) 
      Hasil: Surat Pengecekan Kartu Kavling, ditandatangani KaSub TU BPN Jakarta Barat.
2.   Pengukuran (proses + 40 hari)
      Hasil: Peta Bidang Tanah, ditandatangani Kasi Survei Pengukuran dan Pemetaan BPN Jakarta Barat.
3.   Surat Rekomendasi Lurah (proses + 5 hari)
4.   Register Surat Rekomendasi Lurah ke Kecamatan (proses + 2 hari)
5.   Permohonan Aspek Tata Guna Tanah (proses + 7 hari)
6.   Permohonan Hak (proses + 38 hari) ke Panitia A, hasil akhir = SK pemberian Hak
7.   Pendaftaran Hak (proses + 30 hari), hasil akhir = Sertifikat Hak Guna Bangunan
8.   PM 1 lurah untuk Peningkatan  Sertifikat ke Hak Milik (proses + 5 hari)
9.   Register PM 1 lurah ke Kecamatan (proses + 3 hari) 
10.   Pendaftaran Peningkatan ke  Hak Milik di  BPN (proses +  30 hari)


         Selain tahapan diatas ada beberapa proses yang harus anda kerjakan, diantaranya adalah:

1.   Melegalisir fotocopy KTP dan Kartu Keluarga ( 7 lembar ) di Kelurahan (proses + 2 hari)
2.   Melegalisir fotocopy SPPT PBB tahun berjalan ( 7 lembar ) di UPPD Kecamatan ( 1 hari)


TAHAP I : PENGECEKAN KARTU KAVELING
 
        Bila anda mengurus sendiri, proses pertama yang harus anda lakukan adalah membuat surat permohonan pengecekan surat kavling merah milik anda ke BPN tempat anda berdomisili (dalam kasus saya, saya mengajukan ke Kepala BPN Jakarta Barat di jl. Raya Kembangan Utama, Taman Permata Buana).   Jangan lupa menandatangani suratnya bermaterai 6000, kemudian difotocopy (lampirkan juga fotocopy surat kavling merah dan fotocopy KTP anda) lalu diajukan ke loket bertuliskan pengambilan produk. Petugas di sana akan meminta fotocopy surat permohonan anda untuk dibubuhi stempel tanggal masuk surat dan ditandatangani oleh petugasnya dan dikembalikan ke anda sebagai tanda terima surat.
Gambar 1:  Contoh Surat Permohonan

         Prosesnya cukup lama, berdasarkan pengalaman pribadi saya baru bisa mengambil surat jawaban setelah menunggu 28 hari.

Gambar 2: Contoh Surat Jawaban dari BPN

       Setelah surat jawaban didapat, proses selanjutnya adalah mengajukan permohonan pengukuran tanah.

TAHAP II : PENGUKURAN
 
Untuk proses yang satu ini anda harus membeli map pengukuran (Rp. 10.000) di koperasi (letaknya di sebelah pos satpam). 

 Gambar 3: Contoh Map Pengajuan Pengukuran

Anda isi formulir di dalamnya yang berisi antara lain:
    1.   Formulir permohonan,
    2.   Surat Pernyataan Pemohon Pengukuran Ulang/Pengembalian Batas,
    3.   Surat Pernyataan Pemohon,
    4.   Surat Pernyataan Pemasangan dan Penetapan Tanda Batas


 Gambar 4-7: Contoh Formulir Permohonan Pengukuran

Dan harus anda lampirkan juga:
    1.  Fotocopy Surat Hasil Pengecekan Kartu Kaveling,
    2.  Fotocopy KTP pemohon,
    3.  Fotocopy Kartu Kavling,
    4.  Fotocopy SPPT PBB tahun berjalan,
    5.  Fotocopy Tanda lunas PBB tahun berjalan.
     Ajukan ke loket B1, lalu tunggu dipanggil.  Saat dipanggil anda akan dikonfirmasi kelengkapan permohonan anda, bila sudah lengkap anda akan menunggu lagi untuk dibuatkan Surat Perintah Setor (biaya pengukuran).

 Gambar 8: Contoh Surat Perintah Setor

       Setelah Surat Perintah Setor didapat, anda langsung membayar ke loket pembayaran di loket paling ujung sebelah kanan.   Setelah kwitansi pembayaran didapat, anda kembali ke loket B1. Lembar asli kwitansi dan surat perintah setor akan dikembalikan ke anda. Petugas akan memberi nomor dan nama petugas yang akan anda hubungi 2 hari kemudian.

 Gambar 9: Contoh Kwitansi Permohonan Pengukuran

       Dua hari kemudian petugas yang anda hubungi akan datang mengukur tanah anda. Proses pengukuran hanya berlangsung sekitar 2 hingga 3 jam.  Prosesnya seharusnya tidak melebihi 5 s.d 6 minggu. Dalam kenyataannya saya baru menerima hasil 3 bulan kemudian dalam bentuk Peta Bidang Tanah (fotocopy-an, asli dipegang oleh BPN).

Contoh Peta Bidang Tanah:

      Selagi menunggu proses pengukuran sebaiknya anda mengurus permohonan Surat Rekomendasi Lurah, Surat Pernyataan Tidak Sengketa dan Surat Penguasaan Fisik Tanah di kelurahan.
    
     

6 komentar:

  1. Terimakasih sharingnya informatif! Lebih detail dari Website resminya. Bermanfaat sekali untuk saya yg sdg membantu ortu mengurus sertifikat tanah ^_^

    BalasHapus
  2. Terima kasih sharing pengalamannya Pak RT, informatif dan terstruktur. Menyenangkan untuk dipelajari dan diterapkan...
    Saya menunggu tulisan Bapak selanjutnya

    Salam ^_^

    BalasHapus
  3. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus
  4. Nice info, thanks for share, oh ya saya mau berbagi, baru saja saya menemukan Video Viral orang minum Kopi Terbaik pake Dompet Original mau Paid Promote untuk Jual Akik Gambar dengan corak Batik Tulis

    BalasHapus
  5. brilian banget, jangan lupa kunjungi web saya di Antikonvulsan

    BalasHapus

MANUAL PENGISISAN DATA DASAWISMA 2019

Pertengahan bulan Januari 2019 di laksanakan penginputan data Dasawisma serentak di seluruh DKI Jakarta.  Untuk pertama kalinya penginputan ...